RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Format RPP)

Tidak terlalu sulit menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) untuk anak tunagrahita dengan model tematik. Asal tiap guru mau belajar mencoba. Pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan program pembelajaran yang telah sebelumnya pernah disusun guru (Satpel). Berikut ini adalah format yang dibutuhkan dalam menyusun RPP, yaitu:

1. Tahap Persiapan, meliputi:

a. Pemetaan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator ke dalam tema, dengan format:

MATRIKS KONSISTENSI KOMPETENSI DASAR, MATERI PEMBELAJARAN, dan INDIKATOR

Nama Sekolah : SLB Negeri

K e l a s : 1

Jenjang : SDLB – C

Jenis kelainan : Tunagrahita

Tahun Pelajaran : 200 / 200

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Indikator

T e m a

Diri Sendiri

Keluarga

Lingkungan

Tempat Umum

Pengalaman

Kegemaran

Hburan

Budi Pekerti

Kesehatan

K 3

Pendidikan

Makanan

Pekerjaan

Peristiwa

Pariwisata

Komunikasi

Pertanian

Pemerintahan

Komunikasi

Transportasi

Tumbuhan

Binatang

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 18 20 21 22

b. Mengembangkan dan menentukan jaring-jaring pemetaan sesuai standar kompetensi, kompetensi dasar yang telah dipetakan.

c. Menyusun silabus sesuai langkah a dan b dengan format:

S I L A B U S

a. Satuan Pendidikan : SDLB – C

b. Kelas/Smtr : 1/I

c. T e m a : Keluarga

Mata Pelajaran

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Alat/Bahan

2. Tahap Penyusunan RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

T e m a : Keluarga

Kelas/Semester : 1/I

Pertemuan ke- : 2 (4 x pertemuan)

Alokasi waktu : 4 x 30 menit

Standar Kompetensi :

Kompetensi Dasar :

Indikator :

I. Tujuan Pembelajaran

A. Siswa dapat …

B. Siswa dapat …

II. Materi Ajar

III. Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode …

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal ( 4 x 5 menit)

1. Mengkondisikan siswa agar siap belajar dengan mengatur posisi tempat duduk yaitu melingkar dan bagi siswa yang bermasalah duduk dekat guru.

2. Berdoa dengan dipimpin oleh salah satu siswa.

3. Absensi dengan menyebutkan nama siswa dan siswa mereaksi dengan menjawab atau angkat jari.

4. Menyanyikan lagu yang sesuai materi ajar.

B. Kegiatan Inti ( 4 x 18 menit)

1. Mendemostrasikan …

2. Guru menunjukkan gambar …

3. Guru dan siswa melakukan simulasi kegiatan seperti pada gambar …

4. Siswa melakukan kegiatan dengan bimbingan guru, kemudian siswa melakukan sendiri.

5. Guru mengadakan Tanya jawab …

6. Siswa mereaksi dengan menunjuk …

C. Kegiatan Akhir ( 4 x 7 menit)

1. Menanyakan kegiatan tentang …

2. Menyarankan agar …

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar

Alat dan bahan pembelajaran adalah photo, gambar, alat …

VI. Penilaian

A. Bentuk tes: Tes perbuatan dan tes lisan.

B. Soal

1. Siapakah … ?

2. ……………. ?

3. ……………. ?

4. ……………. ?

5. ……………. ?

C. Kriteria penilaian kinerja

Skor 3 jika siswa mampu melakukan sendiri dengan baik.

Skor 2 jika siswa mampu melakukan dengan sedikit bantuan.

Skor 1 jika siswa mampu melakukan dengan banyak bantuan.

Skor 0 jika siswa tidak mampu melakukan kegiatan atau pasif.

D. Format penilaian

No.

Aspek yang dinilai

Skor Maksimum

Skor Perolehan

3

2

1

0

1.

3

2.

3

Skor maksimum dan skor perolehan:

6

E. Nilai akhir

Diperoleh dengan membagi skor perolehan dengan skor maksimum dikalikan 10.

3. Tahap Penilaian

Guru harus membuat standar penilaian tiap indikator berdasarkan kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor, dengan format:

PENILAIAN

a. Satuan Pendidikan : SDLB – C

b. Kelas/Smtr : 1/I

c. T e m a : Keluarga

Kompetensi Dasar

Indikator

Penilaian

Kognitif

Afektif

Psikomotor

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: