RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SLB Negeri Subang

Satuan Pendidikan : SDLB – B

Kelas / Semester : I / I

T e m a : Aku di Sekolah

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia dan Matematika

Minggu ke- : II bulan Agustus 2009

Pertemuan ke- : I (5 jam Pelajaran)

Tahun Pelajaran : 2009 / 2010

BAHASA INDONESIA

Standar Kompetensi : 2. Memperkenalkan diri sendiri, dan fungsi anggota tubuh serta benda-benda di sekitar (Berbicara / berisyarat). Kompetensi Dasar : 2.1 Melakukan percakapan tentang diri sendiri dengan kalimat sederhana dan bahasa yang santun dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar secara lisan dan / atau isyarat. Indikator : 1. Mendemonstrasikan percakapan tentang diri sendiri.

MATEMATIKA Standar Kompetensi : 1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20 (Bilangan). Kompetensi Dasar : 1.2 Mengurutkan banyak benda. Indikator : 1. Mengelompokkan banyak benda dari yang terbanyak ke yang tersedikit.

A. Tujuan Pembelajaran Tujuan yang diharapkan dari kegiatan pembelajaran bertema “Aku di Sekolah” adalah siswa dapat: 1. Memperkenalkan dirinya di depan kelas dengan baik. 2. Menurutkan banyak benda dari yang paling banyak ke yang paling sedikit dengan tepat.

B. Materi Pembelajaran

AKU DI SEKOLAH

Aku bersekolah di SLB Negeri Subang. Aku adalah siswa tunarungu kelas 1 SDLB – B. Teman-teman di kelasku harus memperkenalkan diri.

BAHASA INDONESIA

Aku akan memperkenalkan diriku di depan kelas. Perhatikan aku ya… (ada gambar anak sedang berbicara di depan kelas). namaku ari. aku kelas satu. rumahku di cigadung. aku diantar ibu. pakai motor. celanaku warna merah. bajuku warna putih. aku membawa tas. ada buku dan pinsil. bukuku ada empat. pinsilku ada dua. aku juga membawa kue. kueku ada lima. Coba kamu perkenalkan dirimu di depan kelas!

MATEMATIKA

Di sekolah aku belajar menggunakan pinsil dan buku. Aku menghitung banyak buku dan pinsil punya teman-teman dan mengurutkannya dari yang paling banyak ke yang paling sedikit. 1, 2, 3, 4, 5 dan 5, 4, 3, 2, 1. (ada gambar kelompok pinsil dengan urutan 1, 2, 3, 4, 5 dan 5, 4, 3, 2, 1 dan ada gambar kelompok buku dengan urutan 1, 2, 3, 4, 5 dan 5, 4, 3, 2, 1).

C. Metode Pembelajaran

Metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran bertema “Aku di Sekolah” adalah: 1. Tanya jawab. 2. Pemberian tugas. 3. Demonstrasi.

D. Langkah-langkah Pembelajaran

1. Kegiatan Awal (5 x 5 menit):

a. Siswa dengan bimbingan guru berbaris di koridor kelas. Urutan kegiatan berbaris adalah: 1) Menyiapkan barisan oleh siswa. 2) Memberi hormat antara komandan barisan dan siswa beserta guru. 3) Komandan barisan memeriksa kebersihan kuku, gigi, dan rambut tiap-tiap siswa dengan bimbingan guru.

b. Siswa dipersilahkan duduk duduk rapi pada bangku masing-masing.

c. Siswa dan guru duduk rapi dengan tangan dilipat, berdoa bersama membaca QS. Al-Fatihah. Siswa memperhatikan ucapan guru dan mengikuti gerakan bibir guru.

d. Meminta setiap siswa menyebutkan nama teman-teman yang hadir. Kalimat perintah yang diucapkan guru adalah: “Panggil teman-temanmu yang hadir hari ini!” Setiap siswa memanggil temannya. Siswa yang dipanggil namanya akan mengacungkan tangan.

e. Memotivasi semangat belajar siswa melalui kegiatan tanya jawab dan bercerita tentang aktivitas siswa bersama di sekolah. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru kepada siswa di dalam kelas adalah: 1) Kamu kelas berapa sekarang? (satu). 2) Ke sekolah dengan siapa? (ibu / bapak / kakak). 3) Naik apa ke sekolah? (jalan kaki / naik angkot / motor). 4) Memakai baju apa ke sekolah? (seragam). 5) Apa yang kamu bawa? (tas, buku, pinsil, penghapus, topi, kue).

2. Kegiatan Inti (5 x 18 menit):

a. Siswa bertanya jawab dengan guru tentang identitas diri masing-masing siswa. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan guru menggunakan bahasa bibir dan isyarat adalah: (Sertakan gambar isyarat). 1) Kamu namanya siapa? (Ari). 2) Ari rumahnya dimana? 3) Ari ke sekolah dengan siapa? 4) Ari ke sekolah naik apa? 5) Ari pakai celana warna apa? 6) Ari pakai baju warna apa? 7) Tas Ari warna apa? 8) Ari bawa buku berapa? 9) Kamu namanya siapa? (Ilham). 10) Ilham rumahnya dimana? 11) Ilham ke sekolah dengan siapa? 12) Ilham ke sekolah naik apa? 13) Ilham pakai celana warna apa? 14) Ilham pakai baju warna apa? 15) Tas Ilham warna apa? 16) Ilham bawa pinsil berapa? 17) Kamu namanya siapa? (Rico). 18) Rico rumahnya dimana? 19) Rico ke sekolah dengan siapa? 20) Rico ke sekolah naik apa? 21) Rico pakai celana warna apa? 22) Rico pakai baju warna apa? 23) Tas Rico warna apa? 24) Rico bawa buku berapa? 25) Rico bawa pinsil berapa?

b. Siswa dipersilahkan maju ke depan kelas (masing-masing siswa mendapat kesempatan yang sama).

c. Siswa mendemonstrasikan percakapan tentang diri sendiri di depan kelas. Hal-hal yang diungkapkan oleh masing-masing siswa adalah: 1) Namaku … 2) Rumahku di … 3) Aku ke sekolah naik … 4) Aku kelas satu. 5) Aku pakai baju warna putih. 6) Aku pakai celana warna merah. 7) Bukuku ada … 8) Pinsilku ada … 9) Tasku warna …

d. Siswa diminta menyebutkan angka 1, 2, 3, 4, dan 5 secara berurutan dengan isyarat tangan, yaitu: (sertakan gambar isyarat 1, 2, 3, 4, 5).

e. Siswa diminta menyebutkan angka 5, 4, 3, 2, dan 1 secara berurutan dengan isyarat tangan, yaitu: sertakan gambar isyarat 5, 4, 3, 2, 1).

f. Siswa diperlihatkan gambar pinsil.

g. Siswa ditanya apa nama benda tersebut (Pinsil). Guru berkata: Apa namanya?. Siswa menjawab: Pinsil!.

h. Siswa diminta menghitung banyak pinsil tiap kelompok. Kelompok pinsil yang harus dihitung siswa adalah: (gambar kelompok pinsil yang disusun secara acak terdiri dari kelompok pinsil 4, 2, 3, 1, 5).

i. Siswa diminta menggunakan isyarat tangan saat menyebutkan jumlah pinsil tiap kelompok, dengan isyarat: (gambar isyarat 4, 2, 3, 1, 5).

j. Siswa diberi tugas mengelompokkan banyak pinsil dari yang terbanyak ke yang tersedikit, dengan urutan sebagai berikut: (gambar kelompok pinsil yang disusun secara teratur terdiri dari kelompok pinsil 5, 4, 3, 2, 1).

k. Siswa diminta menggunakan isyarat tangan saat menyebutkan urutan kelompok pinsil dari yang terbanyak ke yang tersedikit, dengan isyarat: (gambar isyarat 5, 4, 3, 2, 1).

l. Siswa diperlihatkan gambar buku.

m. Siswa ditanya apa nama benda tersebut (buku). Guru berkata: Apa namanya?. Siswa menjawab: Buku!.

n. Siswa diminta menghitung banyak buku tiap kelompok. Kelompok buku yang harus dihitung siswa adalah: (gambar kelompok buku yang disusun secara acak terdiri dari kelompok buku 4, 2, 3, 1, 5).

o. Siswa diminta menggunakan isyarat tangan saat menyebutkan jumlah buku tiap kelompok, dengan isyarat: (gambar isyarat 4, 2, 3, 1, 5).

p. Siswa diberi tugas mengelompokkan banyak buku dari yang terbanyak ke yang tersedikit, dengan urutan sebagai berikut: (gambar kelompok buku yang disusun secara teratur terdiri dari kelompok buku 5, 4, 3, 2, 1).

q. Siswa diminta menggunakan isyarat tangan saat menyebutkan urutan kelompok buku dari yang terbanyak ke yang tersedikit, dengan isyarat: (gambar isyarat 5, 4, 3, 2, 1).

3. Kegiatan Akhir (5 x 7 menit):

a. Siswa dan guru, bersama-sama menyimpulkan materi pembelajaran tentang “Aku di Sekolah”.

b. Guru mengadakan evaluasi dalam bentuk soal-soal kinerja yang diberikan pada siswa tunarungu.

c. Siswa merapikan alat-alat tulis yang dibawa.

d. Siswa dipersilahkan duduk rapi.

e. Siswa berdoa dibimbing guru dengan memperhatikan ucapan guru dan mengikuti gerakan bibir guru membaca QS. Al-Asr.

f. Siswa berbaris di koridor kelas. Ibu guru menawarkan siapa yang siap menjadi komandan di depan kelas. Siswa yang siap akan mengajungkan tangan dan menjadi komandan, untuk memimpin teman-temannya berbaris pulang.

g. Siswa memberi salam kepada seluruh teman dan guru, sebelum keluar kelas.

E. Alat dan Sumber Belajar Alat dan sumber belajar yang dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran bertema “Aku di Sekolah” adalah:

1. Alat : Gambar buku, gambar pinsil, buku siswa, dan pinsil siswa.

2. Sumber Belajar : a. Direktur Pembinaan Sekolah Luar Biasa. (2007). Model Pembelajaran Pendidikan Khusus Tunarungu. Jakarta: Depdiknas. Halaman 26-37. b. Direktur Pembinaan Sekolah Luar Biasa. (2007). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SDLB – B. Jakarta: Depdiknas. Halaman 83 dan 101. c. Masrokhah dan Mashudi. (2004). Pandai Berbahasa Indonesia 1: Pelajaran Bahasa Indonesia untuk SD Kelas 1. Jakarta: Cipta Prima Budaya. d. Badan Pekerja Panitia Tujuh Pembakuan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia. (2008). Kamus Sistem Isyarat Bahasa Indonesia. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa PUMK Pengembangan Sistem dan Standar Pengelolaan Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus.

F. Penilaian Penilaian dalam kegiatan pembelajaran dengan tema “Aku di Sekolah” adalah:

1) Bentuk Penilaian : Tes kinerja

2) Instrumen : a. Demonstrasikan percakapan tentang dirimu di depan kelas! b. Kelompokkan banyak benda dari yang terbanyak ke yang tersedikit berikut ini!

3) Kunci Jawaban : a. Demonstrasi percakapan tentang diri sendiri. Hal-hal yang harus disebutkan siswa adalah: 1) Nama saya … 2) Rumah saya di … 3) Aku kelas satu. 4) Aku pakai baju warna putih. 5) Aku pakai celana warna merah. 6) Sepatuku warna hitam. b. Kelompokkan banyak benda dari yang terbanyak ke yang tersedikit.

4) Kriteria Penilaian : a. Skor 4 diberikan jika siswa dapat melakukan kegiatan dengan baik dan mandiri. b. Skor 3 diberikan jika siswa dapat melakukan kegiatan dengan baik dengan sedikit bantuan. c. Skor 2 diberikan jika siswa dapat melakukan kegiatan dengan baik dengan banyak bantuan. d. Skor 1 diberikan jika siswa tidak dapat melakukan kegiatan sama sekali atau pasif.

5) Format Penilaian Format penilaian kinerja mengukur kegiatan proses dan hasil belajar siswa dalam tema “Aku di Sekolah”.

Nama Sekolah : SLB Negeri Subang

Satuan Pendidikan : SDLB – B

Kelas / Semester : I / I T e m a : Aku di Sekolah

Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia dan Matematika

Minggu ke- : II

bulan Agustus 2009

Pertemuan ke- : I (5 jam Pelajaran)

Tahun Pelajaran : 2009 / 2010

Aspek yang dinilai adalah (skor tertinggi dari tiap sub aspek adalah 4): a. Mendemonstrasikan percakapan tentang diri sendiri, terdiri dari: 1) Keberanian. 2) Ekspresi wajah. 3) Gerakan tubuh. 4) Ketepatan menggunakan isyarat. 5) Ketepatan menggunakan bahasa bibir. b. Mengelompokkan banyak benda dari yang terbanyak ke yang tersedikit, terdiri dari: 1) Kepercayaan diri. 2) Ketepatan menghitung tiap kelompok benda. 3) Ketepatan menggunakan isyarat. 4) Ketepatan menggunakan bahasa bibir. 5) Ketepatan mengurutkan benda.

6) Nilai akhir Nilai akhir diperoleh dengan membagi jumlah skor perolehan dengan skor maksimum (40) dikalikan 100. 7) Narasi a. Siswa dikatakan berhasil dengan sempurna, bila dapat menguasai 90 % aspek yang dimiliki. b. Siswa dikatakan berhasil dengan baik, bila dapat menguasai 70 % – 89 % aspek yang dimiliki. c. Siswa dikatakan berhasil dengan cukup, bila dapat menguasai 50 % – 69 % aspek yang dimiliki. d. Siswa dikatakan belum berhasil, bila tidak mencapai 49 % aspek yang harus dimiliki.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: