Membuat Bahan Ajar ABK

Bahan ajar  merupakan salah satu kebutuhan guru saat mengajar. Rencana pelaksanaan pembelajaran yang dilengkapi bahan ajar memberikan banyak kemudahan bagi guru. Namun banyak guru, khususnya guru SLB yang agak kesulitan untuk melengkapi program pembelajaran mereka dengan bahan ajar. Sangat disadari, bahwa dalam membuat bahan ajar khusus bagi anak berkebutuhan khusus  dibutuhkan banyak literatur pendukung. Terutama bagi anak berkebutuhan khusus tunagrahita. Namun bukan berarti pembuatan bahan ajar tersebut menjadi sulit. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat bahan ajar:

1. Menyusun Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator dalam tabel Matrik Konsistensi  Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, dan Indikator sebagaimana yang telah biasa dibuat oleh para guru.

2. Membuat matrik silabus tematik atau mata pelajaran. Umumnya  guru sudah terbiasa membuat matrik silabus, sehingga tahap berikutnya menjadi lebih mudah.

3. Membuat  penjabaran jaring-jaring tematik. Melalui jaring-jaring tema akan diketahui berapa bab yang akan dikembangkan dari keseluruhan materi. Jika berupa mata pelajaran maka dalam matrik mata pelajaran akan diketahui ada berapa sub bahasan.

4. Mengembangkan tiap kompetensi dasar dan indikator ke dalam materi bahasan sesuai penjabaran indikator. Usahakan apa yang diulas dalam materi tidak berjauhan dari penjabaran indikator. Sesuaikan setiap ceritanya dengan tema yang akan diangkat.

5. Melengkapi setiap bahasan dengan photo atau gambar. Photo dan gambar merupakan daya tarik utama dalam setiap bahasan. Sehingga guru dengan mudah menetapkan alat dan bahan yang akan dipakai nantinya saat mengajar.

6. Melengkapi setiap bahasan per sub tema dengan latihan soal sesuai dengan penjabaran indikator.

7. Melengkapi setiap bahasan per sub tema dengan rangkuman dari keseluruhan bahasan.

8. Melengkapi akhir buku dengan latihan akhir seluruh buku (ulangan umum), daftar indeks, glosarium, daftar pustaka, dan riwayat penulis.

Untuk keseluruhan bahasan dalam satu buku bahan ajar juga perlu diperhatikan:

1. Warna dan corak sampul depan agar menarik.

2. Besar dan kecil huruf.

3. Jenis huruf.

4. Tata letak per-bab agar memiliki corak yang menarik.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat. Jangan lupa melihat pada buku-buku umum lain agar ide-ide baru bermunculan. Selamat mencoba…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: