KETIKA MURIDKU JATUH CINTA

Allah SWT menganugrahkan rasa cinta tumbuh di hati setiap makhluk ciptaan-Nya.  Rasa cinta membuat siapapun menjadi bahagia, tidak terkecuali untuk murid-muridku yang tunagrahita.

Usiaku yang sudah akan mendekati 40 tahun membuat aku teringat masa-masa ketika berusia 14 tahun. Kala cinta datang dihatiku dan membuat hari-hariku penuh keceriaan yang tidak dapat aku sembunyikan. Dan sudah beberapa hari ini aku melihat siswa-siswaku sedang jatuh cinta. Mereka sibuk membuat simbol-simbol cinta disemua tempat. Sepidol white board-ku menjadi sasaran jika kubiarkan tergeletak. Mereka akan sembunyi-sembunyi membuat simbol-simbol cinta wujud ekspresi diri. Mereka jadi tidak mau belajar (menerima pelajaran dari guru), mereka lebih suka membuat tulisan di kertas kecil yang kemudian mereka kirim via mak-comblang. Semuanya persis seperti ketika aku jatuh cinta diusia 14 tahun.

Aku sempat bertanya pada mereka. “Gilang gimana rasanya kalo ketemu Julia? Deg-degan tidak?” Dan Gilang tersipu-sipu menjawab. “Ia, bu!” Hayat gimana? Sama? Hayatulloh tersipu-sipu mengangguk. Trus gimana ngomongnya? Kan Julia dan Deva tidak dapat berbicara (Julia dan Deva adalah anak tunarungu). Mereka hanya tersenyum saja.

Subhanalloh, Allah menghadirkan rasa cinta bagi murid-muridku yang membuat aku juga sangat bahagia. Hingga terbesit pikiran bahwa, hal ini bisa menjadi ideku untuk membuat karya tulis. Sebab, gara-gara jatuh cinta, mereka jadi bersemangat membuat surat. Membuat surat merupakan salah satu kompetensi yang harus mereka kuasai dalam pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VI SDLB-C.

Akhirnya, aku harus mengalah dan mengikuti kemauan mereka. Pembelajaran jadi bisa disiasati dengan munculnya rasa cinta di hati mereka. Mereka jadi mau belajar membuat kalimat-kalimat cinta, mereka juga jadi mau berkreasi membuat hiasan-hiasan di surat cinta mereka, mereka juga belajar berani menyampaikan surat cinta pada gadis impiannya. Semua karena cinta…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: